About Me

header ads

4 Cara Mengusir Perut Buncit


Memiliki perut yang buncit memang merupakan masalah yang meresahkan, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Selain mengganggu penampilan, perut buncit juga merupakan salah satu masalah yang bisa mengancam kesehatan jika dibiarkan terus.

Banyak yang mengeluh bahwa untuk mengecilkan perut buncit membutuhkan usaha yang keras dan waktu yang lama. Padahal, banyak kebiasaan sehari-hari yang bisa kita ubah demi membuat perut buncit kita rata kembali. Berikut merupakan kebiasaan sehari-hari yang bisa kita ubah demi mengusir perut buncit.

Buat waktu untuk melakukan kardio “kecil”

Jika kita ingin menghilangkan lemak di perut, sebisa mungkin kita harus melakukan kardio dalam sehari. Tidak perlu langsung berpikir bahwa ini akan memakan waktu yang banyak dalam kegiatan sehari-hari kita. Kita bisa menerapkan ini bahkan jika kita sedang berkumpul dengan teman-teman.

Teknik ini dinamakan dengan “talk and walk.” Daripada memilih untuk nongkrong di restoran dan menghabiskan waktu dengan memesan makanan dan minuman tanpa henti, sebaiknya kita menghabiskan waktu berkumpul dengan berjalan-jalan. Jalan mengelilingi taman di dekat kantor atau mall, bisa menjadi pilihan kardio sederhana sehari-hari.

Makan lebih banyak serat

Jika kita memakan serat sebanyak 10 gram dalam sehari, berarti porsi kandungan lemak dalam perut kita telah berkurang sebanyak 4%. Sehingga alangkah baiknya jika kita tetap memasukkan serat ke dalam daftar menu setiap hari. Dengan mengonsumsi dua buah apel, ½ cup kacang-kacangan, atau dua cup brokoli saja sudah bisa mencukupi target sear sebanyak 10 gram dalam sehari.

Selain itu, sebaiknya kita mulai mengurangi konsumsi gula, terutama yang terdapat di dalam soda. Segala jenis soda, soda diet sekali pun, ternyata mampu membuat perut kita lebih cepat buncit karena kandungan gulanya yang sangat tinggi.

Kurangi konsumsi garam

Jika kita pernah mendengar pengalaman seseorang yang sukses mengurangi berat badan dalam waktu 14 hari akrena menjalankan diet mayo, maka kita bisa langsung mengetahuin manfaat mengurangi kandungan garam pada makanan kita. Garam sendiri memiliki sifat mengikat air yang bisa menyebabkan perut kita buncit terus menerus.

Kurangi kebiasaan membumbui makanan dengan jumlah garam berlebih. Jangan manjakan lidah kita dengan makanan atau camilan yang terlalu asin karena lidah kita bisa terbiasa dengan tingkat keasinan yang berlebih. Gunakan garam secukupnya dan manfaatkan rempah-rempah yang ada dengan lebih maksimal. Kurangi juga kebiasaan mengonsumsi makanan kaleng dan cepat saji karena mengandung kadar kadar yang sangat tinggi.

Perbanyak konsumsi protein

Menurut penelitian yang terdapat di jurnal Nutrition Metabolism and Cardiovascular Diseases pada Oktober 2009, ketika diet rendah kalori dapat mengurangi lemak dalam tubuh, menambah konsumsi protein justru dapat mengurangi jumlah lemak pada perut kita. Dalam penelitian tersebut, terdapat hasil bahwa berat badan orang yang melakukan diet tinggi protein dalam 12 minggu mengalami penurunan, termasuk angka pada lingkar perutnya.

The American College of Sports Medicine menganjurkan bagi orang yang sedang dalam proses latihan untuk membentuk tubuh lebih prima dan kuat, lebih baik mengonsumsi protein lebih banyak dari biasanya dan mengurangi menu karbohidrat. Kita bisa mengombinasikan menu protein kita dengan telur, dada ayam, daging tanpa lemak, yogurt rendah lemak, kacang-kacangan, serta tempe dan tahu.