About Me

header ads

Deklarasi BERANI Sebagai Penjaga Kemajemukan

Semarang, indikator.my.id - Sejumlah pemuka agama dan pemuda lintas iman mendeklarasikan Badan Persaudaraan Antariman (BERANI) Jawa Tengah. Organisasi Badan Otonom ini merupakan sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bertempat di Gedung Djuang 45 Semarang, Deklarasi tersebut dilantik oleh Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB, M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf). 

Menurutnya hal ini merupakan pesan positif tentang keberagaman yang harus dibina pada Provinsi Jawa Tengah. “Selamat kepada mas Yosep dan kawan-kawan yang telah dilantik dan dikukuhkan kita sekarang untuk betul-betul menjadi perekat kebhinekaan menjadi penjaga keberagaman di provinsi Jawa Tengah,” Ujar Gus Yusuf di Gedung Djuang 45, Semarang, Minggu (09/07/2023). 
Gus Yusuf mengatakan ada cita-cita KH Abdurahman Wahid yang belum meneruskan terutama terjalinnya silaturahmi antar umat beragama. Maka, kepada BERANI Jateng ia menitipkan agar hubungan tersebut tetap terjalin dalam memenangkan PKB di Pemilu 2024. “Siapa yang ingin menjaga toleransi siapa yang ingin meneruskan cita-cita besar dari Gus Dur mari 2024 bergabung untuk memenangkan PKB Jawa Tengah. terangnya. 

Gus Yusuf juga mengajak generasi milenial baik yang muslim Nasrani Katolik tokoh-tokoh agama memiliki kewajiban moral untuk memberikan penyadaran penyadaran politik. “Apapun negara ini dibangun di atas konsensus politik,” lanjutnya. Sementara itu, Ketua Steering Comitte dan juga Ketua DPP Bidang OKK, Cl. Tindra Matutino Kinasih mengatakan Jawa Tengah merupakan kekuatan terpenting bagi merangkul masyarakat yang heterogen. BERANI Jateng menjadi garda terdepan mengawal merajut kebhinekaan “Kami di Jateng sebagai pusat wilayah toleransi yang berjalan cukup lama di Nusantara ini. Basis masyarakat abangan dan non Muslim cukup besar sehingga peran BERANI menjadi penting dikembangkan,” terangnya. 
Tindra kemudian berharap kepada pengurus BERANI Jateng agar dapat sinergis bersama Banom PKB yang lain untuk merapatkan barisan dalam memenangkan PKB di Jawa Tengah. “Segera untuk merapikan barisan dan berkordinasi dengan Banom PKB lainnya seperti Garda Bangsa, Garda BMI, Gemasaba, dan Perempuan Bangsa untuk menangkan PKB,” tuturnya. 

Sekretaris Jenderal DPP BERANI, Ardy Susanto juga mengingatkan agar DPW BERANI Jateng terus menjaga persatuan atas kemajemukan yang ada di Indonesia khususnya di wilayah Jawa Tengah. “Saya berharap BERANI Jateng terus mempertahankan kemajemukan yang ada dalam bingkai positif Bhineka Tunggal Ika dan tentunya turut membantu organisasi BERANI kedepannya” tegasnya. Dalam waktu dekat Berani akan di deklarasikan di seluruh provinsi di INDONESIA terutama di wilayah" yang memiliki potensi konflik terkait kebebasan beribadah untuk menjadi wadah mediasi dan juga advokasi dalam rangka menjaga kesetaraan dan kebhinekaan.