About Me

header ads

AHY ; Bentuk Sekretariat Perubahan untuk Usung Anies Baswedan sebagai Bacapres 2024


Jakarta - My Indikator , Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta Partai Nasdem dan PKS segera membentuk sekretariat perubahan untuk menunjukkan pentingnya dan komitmen Partai dalam melaksanakan koalisi perubahan untuk berdemonstrasi.

AHY menegaskan, koalisi Demokrat-PKS-Nasdem tidak bersatu berdasarkan politik transaksional dan pragmatisme. “Koalisi Demokrat, PKS dan Nasdem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, berbagi takdir yang sama dan berjuang memenuhi amanat rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” AHY. .

Padahal, lanjut AHY, kerja Asosiasi Perubahan sudah hampir selesai. Jangka waktu koneksi lebih dari enam bulan sudah cukup untuk keputusan penting dan mendasar. Terkait calon presiden (Bacapres), ia menambahkan, ketiga partai sudah memiliki kesamaan visi untuk pencalonan Anies Baswedan sebagai calon presiden Pilpres 2024. “Bagi demokrat, Mas Anies adalah sosok perubahan dan perbaikan,” katanya

Bacawapres dikirim ke Bacapares

Sedangkan untuk calon wakil presiden (bacawapres), diketahui Partai Nasdem menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan. Sementara itu, AHY mengaku Demokrat dan PKS masing-masing memiliki aspirasi kader kuncinya sebagai bacawapres. "Sebagai calon koalisi, itu wajar," kata AHY. Yang terpenting, lanjutnya, debat Bacawapres tidak boleh menghalangi tercapainya koalisi. “Kami akal sehat. Jangan sampai keputusan pengangkatan Wakil Wapres menjadi penghambat untuk membentuk Koalisi Perubahan. Oleh karena itu, demokrat meminta PKS mengalihkan keputusan Wakil Presiden kepada Anies, karena ketiga partai yang berkoalisi itu adalah setara,” kata AHY. Selain itu, Bacapres berkeyakinan memiliki independensi dalam memilih calonnya tanpa campur tangan pihak manapun. - Agar pasangan ini rukun dan saling melengkapi saat diberi tugas menunggangi roda pemerintahan. Tidak ada kawin paksa,” kata AHY.

Menurut Anies Baswedan, tidak ada kendala menurut AHY terkait kriteria Bacawapres. “Pada dasarnya kami tidak ada masalah dengan kriteria Bacawapres. Itu hak Cawapres," kata AHY. Seperti diketahui, Anies mengumumkan dalam kunjungannya ke Bandung (22 Januari 2023) bahwa dirinya akan memilih bacawapres yang paling berkontribusi dalam kemenangan, berkontribusi pada stabilitas koalisi, didukung efisiensi pemerintah dan memiliki cegukan kimia atau dwi.

Jelas AHY menekankan pentingnya melengkapi aliansi untuk menjawab pertanyaan masyarakat. “Hasil tur saya ke berbagai daerah, banyak yang bertanya, kapan koalisi perubahan ini terbentuk?” dia berkata.

Oleh karena itu, menurut AHY, langkah selanjutnya yang harus segera dilaksanakan adalah mempercepat pertemuan ketiga pihak Ketum untuk membentuk Sekretariat Perubahan. Dalam pertemuan itu, pimpinan partai politik menandatangani nota kesepahaman atau letter of intent untuk memenuhi syarat kecukupan ambang batas 20 persen dari presiden. “Nota kesepahaman ini idealnya merupakan komitmen ketiga partai politik untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat untuk perubahan dan perbaikan, terutama di bidang ekonomi, kesejahteraan sosial, keadilan, penegakan hukum dan demokrasi, serta amanat Dewan Pertimbangan Presiden. akan memutuskan calonnya secepatnya," ujar AHY.

Meningkatkan "keseluruhan paket" akan menjadi pengubah permainan
Selain itu, AHY pun tak butuh waktu lama untuk menegaskan, baru setelah itu pernyataan resmi ketiga Muutosliitto dan capres dan cawapres harus ditunda. Dia menyebutnya "seluruh paket". “Paket keseluruhan ini diperlukan agar koalisi yang baru lahir untuk perubahan benar-benar siap bertempur untuk memenangkan pemilu 2024. Insyaallah penyusupan kekuatan lawan tidak akan “mendingin” dengan menjanjikan hal yang berbeda, padahal tujuannya untuk memecah belah dan mengadu domba koalisi perubahan satu sama lain,” tambah AHY.

baca juga : AHY dipastikan calon terbaik bacawapres

Selain itu, lanjut AHY, jika ada pihak lain dalam persekutuan yang berubah ini yang ingin berpartisipasi, maka Demokrat akan menyambut baik. -Pada prinsipnya, Muutosliitto adalah koalisi terbuka bagi kaum demokrat. Yang terpenting, kita memiliki kesamaan pandangan dan komitmen sehingga kita saling menguatkan, bukan melemahkannya," ujarnya.

AHY menegaskan, kecepatan percepatan deklarasi ini juga penting agar koalisi dan mitranya dapat memanfaatkan persiapan infrastruktur pemenangan yang tepat waktu mulai dari tingkat pusat hingga tempat pemungutan suara (TPS). “Pikirkan tentang lawan yang dihadapi Koalisi untuk Perubahan