About Me

header ads

7 Tips Backpacker Ke Turki, Negara dalam cerita seribu satu malam!






Backpacking tentu membutuhkan persiapan yang matang karena anda harus menyiapkan mental dan fisik anda sebab anda nantinya akan tinggal di negara yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Hal ini sangat perlu anda lakukan agar supaya liburan anda selama di kota tujuan tidak terkendala oleh apapun. Inilah tips backpacking ke Turki bagi pemula yang berminat bertualang ke negeri seribu satu malam ini.



1. Menentukan Tempat Wisata 


Ada empat kategori tempat wisata yang harus anda pertimbangkan sebelum anda ke Turki...


Hal ini sangatlah penting untuk memaksimalkan pengalaman backpacking anda! Kategori itu antara lain


- Situs Pariwisata Alam : Pantai yang indah di Turki cukup memanjakan mata bagi para traveler dan jangan lupa, Turki juga terkenal dengan wisata Balon Udaranya yang sangat luas, beberapa tempat juga menyediakan jasa paralayang. Nikmati indahnya dunia seribu satu malam melalui udara merupakan sebuah keharusan jika anda menyempatkan diri ke Turki


- Situs Pariwisata Kuliner : Yang ini tak perlu ditanya lagi... sebagai bagian dari sejarah lama jalur sutra yang menghubungkan eropa dan asia, ragam makanan di Turki memiliki kekhasannya tersendiri, makanan eropa dan asia tersaji di seluruh area pariwisata Turki.


- Situs Pariwisata Sejarah : Arsitektur jaman romawi dan konstantinopel merupakan salah satu daya tarik kenapa Turki banyak memiliki tempat wisata sejarah yang memukau! Satu langkah di Grand Bazzaar lebih banyak bercerita daripada sekedar membaca atau menyaksikan indahnya perpaduan arsitektur Turki yang berbeda-beda di tiap lekuknya.


- Situs Pariwisata Belanja : Berbelanja pernak pernik aksesoris di turki juga merupakan sebuah pengalaman unik. Banyak tempat yang menjual aksesoris khas Turki dan dibutuhkan sedikit kemampuan berbahasa Turki untuk tawar menawar dengan penjual yang ada. Jangan lupa bertanya apakah bisa buy 1 get 1 free tentunya!


 2. Mempersiapkan Visa 


  Mempersiapkan Visa juga penting terutama mengenai berapa lama anda berencana untuk berlibur di Turki, hal ini untuk mengantisipasi jika anda membutuhkan waktu lebih lama atau terkendala dengan kondisi perjalanan selama liburan di Turki. Sangat disarankan agar Visa anda diselesaikan sebelum memasuki masa liburan! Tidak ada yang senang bukan jika masa liburannya dihabiskan hanya untuk memperpanjang visa saja..


 

3. Merencanakan Rute Perjalanan 


Setiap Rute perjalanan yang anda susun sendiri tentunya mengasikkan tetapi jangan lupa jadikan rute itu satu arah perjalanan bukan bolak balik!


 Terdapat banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi tetapi carilah info yang cukup mengenai jalur kota tersebut. Namun bagi anda yang pertama kali berkunjung ke Turki, coba mulai dari Istanbul dan jelajahi apa saja hal menarik yang ada di kota tersebut. Kemudian baru anda bisa mengunjungi kota – kota sekitar yang tidak memberatkan budget anda. 


Baru-baru ini, media Turki dihebohkan dengan praktek ilegal para pengemudi taksi yang menaikkan tarif perjalanan dalam kota bagi para turis dan tak sengaja terekspos oleh seorang travel streamer Twitch yang juga tak sadar sedang ditipu, tetapi para penonton livestream tersebut kemudian melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib dan penertipan pun dilakukan oleh pemerintah setempat sesegera setelah insiden itu terjadi.


4. Mempelajari Bahasa Lokal 


 Kemampuan dasar berbahasa lokal secara simple adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang backpacker! Anda tidak perlu fasih untuk bisa bercakap-cakap dalam bahasa Turki tetapi untuk proses tawar menawar, hal ini wajib anda kuasai.  


 Terlebih penduduk negara tersebut yang tidak terlalu fasih berbahasa Inggris. Maka dari itu, anda harus sedikit – sedikit mempelajari bahasa Turki meskipun hanya untuk bertransaksi saja, hal tersebut akan sangat mempermudah anda mendapatkan barang yang anda inginkan dengan harga terjangkau. 


 Di Istanbul terdapat Grand Bazaar yang menjual souvenir khas Turki yang bisa anda jadikan cinderamata. 




5. Menentukan Tempat Tinggal 


 Backpackers bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan tempat tinggal dengan cara mendownload aplikasi travel yang ada, ingatlah selalu "malu bertanya sesat dijalan!". Pada aplikasi tersebut kita bisa menemukan beberapa lodging murah yang bisa kita pesan lengkap dengan harganya. Sangat disarankan bagi anda untuk memiliki beberapa aplikasi travel lodging sebagai pembanding harga, agar adan bisa mendapatkan yang terbaik dari pengalaman travel anda.


   


6. Menentukan Tempat Makan 


Tentu kita juga memikirkan tentang tempat makan selama anda berada di sana. Ingatlah selalu, Turki adalah salah satu negara yang terkenal akan street foodnya!! Anda jangan khawatir karena Turki telah menyediakan tempat makan sederhana yang menyediakan menu makanan lezat khas Turki seperti yaprak sarma yang merupakan nasi berbumbu dan dibalut dengan anggur. Makanan lain yang juga bisa anda coba yaitu erkez tavuk yang merupakan pasta ayam dengan walnut. Kebab juga dapat dijumpai di area pariwisata!




  7. Menggunakan Paket Liburan 


 Tips paling penting yang harus anda lakukan ketika backpacker ke Turki adalah berusaha mendapatkan informasi mengenai paket liburan. Paket liburan ke Turki lebih banyak menawarkan fasilitas yang terjangkau dibandingkan dengan memesan sendiri! Sebagian backpacker yang membaca akan berpikir kenapa harus dengan Paket Liburan lagi dimana kebebasannya? Justru disini uniknya pengalaman backpacker ke Turki


 Sebagai pembanding, harga tiket murah perjalanan udara PP antara Jakarta ke Istanbul, Turki berkisar dari 17jt - 20Jt tetapi paket liburan seringkali menawarkan harga antara 15jt - 20jt! Harga yang tak berbeda jauh tetapi juga dapat memaksimalkan pengalaman liburan kita...