About Me

header ads

5 Alasan Mengapa AC Kendaraan Anda Bocor




 Sistem pendingin udara mobil adalah salah satu komponen terpenting dari kendaraan Anda. Itu membuat suhu udara interior kendaraan Anda tetap dingin dan nyaman selama bulan-bulan musim panas yang hangat itu. Ketika Anda melihat bahwa AC mobil Anda tidak memberikan udara dingin sebanyak yang seharusnya, maka inilah saatnya untuk mempertimbangkan untuk diperiksa oleh mekanik. 


 Salah satu tanda umum bahwa sistem pendingin udara kendaraan Anda perlu mendapat perhatian khusus adalah ketika Anda melihat bahwa air bocor dari bawah bagian depan mobil atau di dalam kabin di dekat sisi penumpang. Ada banyak alasan mengapa ini terjadi. Mari kita jelajahi lima alasan paling umum mengapa AC kendaraan bocor. 


 1. Penyumbatan pada Pipa Pembuangan Kondensat 


 Tanda peringatan bahwa saluran pembuangan kondensat mobil Anda mungkin tersumbat adalah ketika Anda melihat air bocor di dalam kendaraan Anda. Jika Anda menemukan lantai mobil Anda basah oleh air setiap kali Anda menyalakan AC mobil Anda, maka inilah saatnya untuk memeriksa saluran pembuangan kondensat Anda. Saluran kondensat yang tersumbat membuat air tidak mengalir di luar kendaraan Anda, menyebabkan air meluap di dalam mobil sebagai gantinya. 


Bagaimana cara mengatasinya? 


 Membuka blokir saluran pembuangan kondensat biasanya mudah dilakukan, selama Anda terbiasa dengan suku cadang dan mesin mobil Anda. Pertama, Anda perlu menemukan selang pembuangan kondensat, yang biasanya terletak di bagian belakang mesin di sisi penumpang.  


 Saat Anda menemukannya, peras atau tekuk selang untuk melepaskan puing-puing di dalamnya. Anda juga dapat memasukkan obeng dengan hati-hati untuk membersihkan selang. Berhati-hatilah saat melakukan ini untuk menghindari kerusakan di dalam sistem ventilasi. Jika Anda tidak percaya diri dalam melakukan ini sendiri, lebih baik berkonsultasi dengan mekanik profesional AC otomatis, hanya agar aman. 


 2. Saluran Pembuangan Kondensat Tidak Terpasang dengan Benar ke Sistem Ventilasi 


 Alasan lain yang mungkin mengapa AC mobil Anda bocor air di dalam kendaraan Anda adalah karena saluran pembuangan kondensat tidak terpasang dengan benar ke sistem ventilasi. Ini mencegah saluran pembuangan melakukan tugasnya mengalirkan air di luar, di bawah mobil. 


Bagaimana cara mengatasinya? 


 Jika Anda terbiasa dengan suku cadang kendaraan Anda dan jika Anda baik-baik saja untuk mengotori tangan Anda, Anda dapat mencoba menyelesaikannya sendiri.  


 Pertama, Anda perlu menemukan saluran pembuangan kondensat, yang dapat ditemukan di bawah evaporator (evaporator biasanya terletak di dalam kompartemen penumpang) dan pada titik terendah dalam sistem ventilasi kendaraan Anda. Pasang saluran kondensat dengan benar ke sistem ventilasi dan periksa apakah itu berjalan dengan baik atau masih perlu penyesuaian lagi. 


 Jika Anda ragu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan teknisi profesional. 


 3. Tingkat Refrigeran Rendah 


 AC kendaraan Anda membutuhkan sejumlah refrigeran untuk mempertahankan kemampuannya mengedarkan udara dingin. Ketika tingkat refrigeran sistem PENDINGIN UDARA mobil Anda menjadi rendah, itu akan mengurangi tekanan pada sistem AC Anda. Tekanan yang lebih rendah akan menyebabkan kumparan evaporator membeku dan membeku, dan ini dapat menyebabkan panci pembuangan kondensat meluap dan mengeluarkan air. 


Bagaimana cara mengatasinya? 


 Salah satu tanda bahwa sistem pendingin udara mobil Anda rendah pada refrigeran adalah bahwa ia meniupkan udara hangat bukannya dingin. Cara terbaik adalah menyervis sistem AC mobil Anda sehingga tingkat refrigeran dapat diperiksa dengan benar dan diisi ulang sesuai kebutuhan. Memilih untuk dilayani oleh para profesional mobil sangat penting untuk tugas seperti ini. 


 4. Filter Udara Kotor atau Tersumbat 


 Seiring waktu, filter udara AC otomatis Anda akan menumpuk kotoran karena debu dan kelembaban. Inilah alasan mengapa penting untuk memeriksa dan menyerempet AC mobil Anda setidaknya setahun sekali untuk menjaga filter udara tetap bersih. Ketika filter udara AC Anda menumpuk puing-puing, itu mungkin menjadi tersumbat. Hal ini dapat membekukan kumparan evaporator AC mobil, yang akan menyebabkan kelebihan air meluap dari saluran kondensat.


 Bagaimana cara mengatasinya? 


 Menjaga filter udara mobil Anda tetap bersih diperlukan, dan ini sebaiknya diserahkan kepada tangan para profesional. Periksakan dan servis kendaraan Anda setidaknya setahun sekali, atau seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan sebagaimana dinyatakan dalam manual pemilik Anda. Servis AC yang teratur akan membantu mencegah masalah yang lebih serius. Bagaimanapun, pencegahanan lebih baik daripada mengobati dan terutama lebih menghemat keuangan anda.


5. Panci Pembuangan Kondensat Rusak 


 Panci pembuangan kondensat Anda dapat berkarat atau pecah karena usia tua atau keausan. Panci kondensat yang rusak juga dapat disebabkan oleh kecelakaan . Ketika panci pembuangan kondensat rusak, dapat menyebabkan air bocor dari AC Anda. 


Bagaimana cara mengatasinya? 


 Tergantung pada seberapa serius kerusakannya, panci pembuangan kondensat yang rusak benar-benar harus diganti. Periksakan  hal ini kepada profesional perbaikan mobil dan ganti bila perlu. 


 Kapan Anda Membutuhkan Perbaikan AC Mobil? 


 Wajar jika AC mobil Anda bocor air di luar kendaraan Anda dari waktu ke waktu. Namun, jika Anda mulai melihat air di dalam kendaraan Anda setelah Anda menyalakan AC, atau jika Anda melihat terlalu banyak air bocor di luar daripada yang normal, maka inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan profesional. Jika AC mobil Anda tidak lagi menghembuskan udara yang cukup dingin untuk membuat Anda merasa nyaman selama hari-hari yang panas, itu pertanda bahwa sistem AC kendaraan Anda mungkin membutuhkan servis ahli atau perbaikan AC mobil segera.