Kenaiban Tempat Kembali

(yang mempersatukan dan yang menguatkan)



Menjaga hubungan antar saudara sebuyut tidaklah mudah hingga ratusan saudara keturunan Ki Durma/Ki Laut bisa berkumpul dalam satu tempat. Jumlah yang tidak lagi sedikit bagi sebuah keluarga besar dari satu garis keturunan. Juga bukan tugas yang ringan untuk merawat dan menjaga hubungan kekeluargaan bisa saling kenal dan saling menghormati.


Aki H. Masduki Salah satu Tokoh/sesepuh yang menguatkan tali silahturahmi keluarga besar Ki Durma/Ki Laut. Juga sebagai magnet bagi anak, cucu dan cicit keturunan Ki Laut/Ki Durma untuk hadir pada acara halal bihalal dan silahturahmi Akbar yang rutin dilakukan setiap tanggal 2 syawal sebagai ajang berkumpul makan bersama dan saling menyapa satu dengan yang lainnya. Karena jauhnya jarak tinggal antar saudara, juga yang dekat (dikenaiban) merapat dalam satu tempat.


Tahun ini mejadi tahun perdana dilaksanakannya kembali Halal bihalal dan silahturahmi akbar Keluarga Besar Ki Laut/Ki Durma setelah 2 tahun terhenti karena Virus Covid 19, yang sebelumnya kegiatan ini dilakukan setiap tahun.


Kenaiban sebagai sebuah kampung halaman menjadi tempat kembali bagi saudara-saudara yang tinggal diluar kenaiban. Karena kenaiban sebagai kampung halaman orang tua, kakek dan buyut kita tinggal sebelum kita.


Aki H. Masduki sebagai sesepuh kenaiban yang juga Wakil Gubernur Banten periode 2007-2012 beliau masih setia mengayomi anak, cucu dan cicitnya. Keinginan besar para Kesepuhan yang tak ingin persaudaraan ini terjadi mati obor, Momentum halal bihalal ini dijadikan sebagai sebuah tradisi positif untuk saling menguatkan dan mempersatukan.


Turut hadir juga Cicit keturunan Ki Laut/Ki durma yang saat ini menjabat sebagai Bupati Tangerang yakni Bapak H. A. Zaki Iskandar Periode 2018-2023. Beliau hadir karena kecintaannya terhadap keluarga besar ini.


*Ditulis Oleh :*

Lana Maulana bin Achmad Nur bin Sa’anah binti H. Muhibi Salim bin H. Salim bin Durma (Ki Laut)


—————————

H. Masduki bin KH. Sya’ban Salim bin H. Salim bin Durma (Ki Laut)





Lebih baru Lebih lama