About Me

header ads

5 Aplikasi Panduan Kehamilan untuk Ibu Hamil Modern


Harus diakui bahwa di era modern ini kita tak bisa lepas dari gadget. Meski beberapa pihak mengomentari dampak buruk dari gadget, ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa kita temukan pada perangkat elektonik ini. Maksimalkan penggunaan gadget personal seperti telepon selular pintar yang selalu kita bawa dengan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat. Ribuan aplikasi yang berkaitan dengan kesehatan telah tersedia, bahkan yang lebih spesifik seperti aplikasi mengenai kehamilan yang cocok bagi mereka para ibu hamil modern.

Kehamilan pertama tidak hanya menimbulkan banyak kebahagiaan namun juga banyak hal aneh yang membingungkan bagi para calon ibu muda, bahkan juga bagi mereka yang pernah mengalaminya. Tak selamanya para ibu hamil memiliki waktu berkonsultasi pada dokter maupun bidan. Asumsi yang beredar di masyarakat pun tak jarang justru membuat ibu hamil makin bingung, terlebih karena kondisi kehamilan yang berbeda-beda. Mengapa kita tidak menggunakan ponsel pintar kita untuk menjawab semua keraguan dan kebimbangan tersebut?

Kita bisa coba untuk mengunduh aplikasi yang mudah dimengerti dan memberikan informasi cukup untuk ibu hamil modern di smartphone kita. Berikut ini merupakan 5 aplikasi panduan kehamilan untuk ibu hamil modern:


Baby Bump Pregnancy Pro

Menjadi aplikasi favorit yang sering disarankan berbagai situs internasional. Berbagai fitur bisa didapatkan pada aplikasi ini mulai dari kumpulan informasi terkait kehamilan dan perkembangan janin hingga yang lebih spesifik seperti rekomendasi nama-nama bayi, membantu mengitung periode kehamilan, pelacak kontraksi, penghitung gerakan bayi pada kick counter, serta forum yang bisa menghubungkan kita dengan ibu hamil lainnya di berbagai belahan dunia untuk berbagi pengalaman.

Aplikasi ini juga bisa menjadi jurnal harian saat kehamilan sehingga kita bisa mengingat gejala yang ada dari harike hari sebelum dikonsultasikan ke dokter maupun bidan, bahkan bisa mencatat kenaikan berat badan ibu dan bayi. Baby Bump tersedia gratis bagi perangkat Android maupun iOS.

I’m Expecting


Aplikasi yang bisa diunduh dengan gratis oleh perangkat Android dan iOS ini memiliki tampilan yang menggemaskan dengan menghadirkan gambar-gambar bayi yang lucu. Tak hanya itu aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai perubahan yang terjadi pada tubuh saat kehamilan. Beragam video yang dibuat oleh ahli kesehatan juga ditampilkan pada aplikasi ini untuk mendukung informasi.

Fitur lainnya adalah forum komunitas, penghitung tendangan bayi serta aplikasi ini pun bisa disinkronkan dengan berbagai aplikasi dan perangkat lainnya seperri Fitbit, Health Kit, Runkeeper dan lainnya.

My Pregnancy Today by BabyCenter



Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dioperasikan. Beberapa fitur yang menarik adalah:

 

  • Registry checklist, yang akan membantu kita mendata kebutuhan mulai dari perawatan bayi hingga keperluan menyusui nantinya
  • Birth preferences, yaitu preferensi persalinan yang kita inginkan dan dapat dibagikan pada kerabat yang akan membantu persalinan
  • Contraction timer,yaitu penghitung kontraksi selama masa kehamilan
  • Bumpieyaitu album foto kehamilan

 

 

Aplikasi ini juga menyediakan informasi mengenai kehamilan termasuk visualisasi perkembangan bayi disetiap tahapan, bagiannya dan perbandingan besar bayi sehingga mudah dipahami. Aplikasi ini bisa didapatkan dengan gratis di Play Store maupun App Store.

Pregnancy ++


Aplikasi ini akan memberikan gambaran dan visualisasi janin pada setiap tahapannya. Aplikasi ini juga akan membantu calon ibu memperkirakan perkembangan janin setiap harinya serta mencatat kondisi dan perubahan berat badan sang ibu. Tersedia juga dashboard yang menyediakan tautan pada artikel-artikel yang bekaitan dengan tahapan kehamilan. Seluruh fitur aplikasi ini dapat diunduh secara lengkap di App Store maupun PlayStore dengan harga $ 3,99 atau sekitar Rp 50.000. Terdapat pula aplikasi Pregnancy + dari pengembang yang sama yang bisa diunduh gratis namun dengan fitur yang lebih sederhana.

Who’s Your Daddy


Aplikasi ini mengingatkan kita bahwa kehamilan bukan hanya tanggung jawab calon ibu saja, tapi sang ayah pun harus ikut ambil andil mengetahui perkembangan janin. Aplikasi dengan logo banteng yang maskulin namun terlihat mirip juga dengan rahim perempuan ini memberikan informasi kehamilan dengan pendekatan yang humoris dan terlihat konyol namun informatif.

Informasi yang selalu diperbarui ini juga disertai dengan beragam saran dari para ahli sehingga para calon ayah juga memiliki pengetahuan mengenai kehamilan. Terdapat pula penghitung mundur kehamilan sehingga para suami lebih siaga atas kelahiran anak mereka. Aplikasi berbayar ini hanya bisa digunakan pada perangkat iOS.

Meskipun telah didukung dengan kecanggihan teknologi melalui beragam perangkat dan aplikasi yang tersedia sebagai referensi, bukan berarti kita tak perlu mengunjungi ahli kesehatan dan kehamilan seperti dokter kandungan dan bidan.Tetaplah konsultasikan kehamilan sesuai dengan jadwalnya dan jangan ragu untuk bertanya mengenai masalah seputar kehamilan yang dirasakan.