About Me

header ads

4 Penyebab Gatal-gatal Pada Telapak Tangan

Gatal yang terjadi di area telapak tangan adalah suatu tanda kita sedang mengalami gangguan yang diakibatkan beberapa hal, seperti alergi dan semacamnya.

Gatal-gatal di telapak tangan dapat disertai timbulnya ruam merah di area telapak dan jari-jari tangan. Selain itu, di lokasi tersebut bisa terasa kasar, kering bahkan kalau diraba kulit terasa lebih tebal. Pada beberapa kasus, rasa gatal pada telapak tangan dapat diobati dengan menggunakan salep kulit atau obat gatal.

Akan tetapi, ternyata ada gatal-gatal di telapak tangan yang tidak bisa disembuhkan hanya dengan menggunakan salep anti-gatal. Gatal pada telapak tangan dalam kasus ini bisa dikatakan cukup serius dan sebaiknya ditangani langsung oleh dokter.

Penyebab telapak tangan yang gatal

Berikut ini adalah beberapa penyebab gatal-gatal pada telapak tangan yang lebih serius dari rasa gatal yang biasa:

1.  Sirosis Bilier Primer

Salah satu penyebab kita bisa merasakan gatal-gatal pada telapak tangan kita adalah sirosis bilier primer. Hal ini disebabkan oleh adanya gangguan pada saluran empedu di hati. Empedu yang memiliki tugas untuk mengolah racun-racun di tubuh jadi tidak dapat mengerjakan tugasnya dengan baik, sehingga hal ini memengaruhi seluruh kesehatan tubuh. Salah satu yang terkena imbasnya adalah telapak tangan kita jadi terasa gatal. Sebaiknya kita langsung menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2.  Alergi Makanan

Alergi terhadap makanan tertentu juga bisa jadi penyebab gatal-gatal pada telapak. Banyak makanan yang bisa membuat sebagian orang mengalami alergi seperti kacang-kacangan, susu, telur, udang dan makanan laut lainnya. Selain itu, gatal-gatal akibat alergi makanan tidak semata menyerang telapak tangan tetapi juga bisa menyebar ke seluruh tubuh hingga ke telapak kaki.

3.  Eksim

Penyebab lain dari gatal di telapak tangan adalah karena eksim. Sebenarnya eksim bisa menyerang bagian tubuh lain selain telapak tangan. Eksim yang menyerang bagian telapak tangan disebut dyshidrotic dermatitis. Biasanya rasa gatal disertai kulit kemerahan, melepuh, pecah-pecah dan bersisik.

4.Skabies

Skabies disebabkan oleh suatu serangga atau tungau yang masuk ke bawah kulit. Skabies mudah menular melalui kontak erat kulit dengan kulit. Selain di telapak tangan, skabies juga menyerang pergelangan tangan, lipat siku, ketiak, sekitar pusar, area genital dan bokong.

Pada umumnya gatal-gatal akibat skabies memburuk saat malam hari. Sehingga saat malam hari gatal-gatal ini terasa begitu mengganggu dan menimbulkan keinginan untuk terus digaruk.

Penangangan tepat untuk telapak tangan yang gatal

Jika telapak tangan kita terasa gatal dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya kita segera menghubungi dokter agar diberikan obat gatal yang tepat.

Menggaruk telapak tangan yang gatal memang bisa mengurangi rasa gatal itu sendiri. Namun rasa gatal bisa muncul kembali beberapa menit kemudian. Belum lagi kulit bisa menjadi lecet hingga terluka jika digaruk terlalu sering. Jadi sebaiknya kita jangan menggaruk telapak tangan segatal apapun yang kita rasakan.