About Me

header ads

Perjalanan Panjang Futsal Dari Uruguay Sampai Ke Kota Soe

 

Ket Gambar : Olaraga Futsal


TTS-MYINDIKATOR,-Futsal adalah olaraga yang cukup digemari oleh sebagian besar penduduk dunia, baik itu orang dewasa, remaja, anak-anak bahkan wanita, semuanya memainkan olahraga ini. Walaupun tidak sepopuler “saudaranya” yaitu sepak bola, akan tetapi olahraga ini tetap menyenangkan untuk dimainkan. Berbeda dengan Sepak Bola yang dimainkan di lapangan yang lebar, Futsal dimainkan di lapangan yang lebih kecil.  Sebelum berkembang pesat seperti saat ini, Futsal punya perjalan yang cukup panjang, olahraga ini pertama kali diperkenalkan  oleh seorang  Pelatih berkebangsaan Uruguay yang bernama Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930. Awal futsal dimainkan di dalam ruangan karena sering terjadinya hujan yang menyebabkan lapangan untuk berlatih sepak bola menjadi berlumpur dan becek sehingga jadwal untuk latihan sering dibatalkan, karena merasa kesal dengan kondisi tersebut, Juan Carlos Ceriani memutuskan untuk memindahkan kegiatan laithan ke dalam ruangan. Awalnya futsal dimainkan oleh 11 orang pemain selayaknya sepak bola, tapi karena kondisi lapangan yang kecil maka pemain yang awalnya berjumlah 11 orang di kurangi menjadi 5 pemain untuk masing-masing tim. Seiring berjalannya waktu, Juan Carlos Ceriani kemudian membuat buku yang berisi aturan-aturan futsal. Setelah berkembang di Uruguay, Futsal mulai menyebar ke seluruh penjuru Amerika Selatan, Eropa, Afrika bahkan Asia.



Image: Nifuboko Futsal Team Soe


Setelah mengalami proses perjalanan yang cukup panjang, Futsal kemudian masuk ke Indonesia. Meskipun terbilang olahraga yang baru, futsal cukup populer di Indonesia, futsal kemudian menyebar dari Kota-kota besar hingga ke kota-kota kecil.

Salah satu Kota yang warganya cukup menggemari olahraga futsal adalah kota Soe. Futsal pertama kali masuk ke Kota Soe sekitar tahun 2012, dimana waktu itu futsal dimainkan dilapangan berlantai semen di komplek olahraga milik Pemerintah Daerah. Seiring berjalannya waktu, futsal di Kota Soe makin berkembang, lapangan futsal makin bertambah banyak, turnamen-turnamen makin sering diadakan selain itu juga stasiun televisi nasional sering menyiarkan pertandingan futsal skala nasional maupun internasional, hal-hal tersebut membuat olahraga futsal makin banyak digemari di Kota Soe. Dengan berkembang pesatnya olahraga futsal di Kota Soe, diharapkan olahraga ini bukan hanya menjadi olahraga yang menyehatkan tubuh tapi juga bisa mempererat hubungan silaturahmi antar penggemar, tetapi yang paling utama ialah munculnya bakat-bakat hebat yang nantinya mampu memajukan olahraga Futsal di Kota Soe sehingga mampu bersaing di tingkat regional, nasional bahkan Internasional.(Yaret Ba'un)