About Me

header ads

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ranakah 2021; Ini Pesan Kapolri


TTS-Myindikator,-
Demi mengamankan perayaan Natal 25 Desember 2021 dan Tahun Baru 01 Januari 2022, Kepolisan Republik Indonesia telah mempersiapkan 83.917 Personil Polri ditambah 15.842 Personil TNI serta 55.086 Personel dari Instansi terkait.  

Kamis(23/12/2021) Bertempat dihalaman Mapolres Timor tengah selatan, Bupati Timor Tengah Selatan Egusem P. Tahun bersama Kapolres AKBP Andre Librian serta Forkopimda Kabupaten Timor Tengah Selatan melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Ranakah Tahun 2021.

Dalam Arahan pada Apel Gelar Pasukan tersebut, Bupati Timor tengah selatan Egusem P. Tahun membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si dimana Kapolri mengharapkan agar semua elemen yang tergabung dalam Operasi Lilin Ranakah 2021 untuk lebih mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif secara humanis serta melakukan Penegakan hukum secara tegas dan profesional,

“Oleh Karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 02 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman”

“Dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru. Polri telah mempersiapkan 83.917 personil Polri, 15.842 personil TNI serta 55.086 personil dari instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, Dll.”

“Dalam Kesempatan Yang Penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas yaitu sebagai berikut ;

1. Siapkan  mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2.Lakukan deteksi dini dengan memetahkan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.

4.Laksanakan Pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy sistem.

5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kambtibmas.

6. Mantapkan kerja sama, sinergi dan Soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

7.Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personil dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2021, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa”,

Sekecil Apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak”

“Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan Selamat Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022” Demikian amanat saya, semoga Allah SWT,Tuhan Yang Maha Kuasa, Senantiasa memberikan perlindungan,kekuatan dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara dalam bingkai persatuan dan kedamaian. Jakarta 23 Desember 2021, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jenderal Polisi Drs.Listyo Sigit Prabowo,M.Si” Ucap Bupati TTS, Egusem P. Tahun saat menjadi Inspektur Upacara pada kegiatan tersebut

Sedangkan sesuai informasi yang diterima media ini, Setelah membacakan amanat Kapolri, dilakukan penyamatan pita tanda operasi lilin ranakah 2021. Untuk kesiapan personil dalam Operasi Lilin Ranakah 2021 di dalam Wilayah Hukum Polres Timor tengah selatan, Polres Timor tengah selatan akan di bantu Kodim 1621 dan Instansi lain dengan menyiapkan masing-masing satu peleton personilnya.

Di akhir kegiatan ini, dilakukan Pemusnahan Barang Hasil Temuan Operasi Pekat Ranakah 2021 berupa Minuman Keras, Barang-barang Kadaluarsa seperti Makanan Ringan, Obat-obatan Dll.(YABES)