About Me

header ads

Berkunjung Ke Dukcapil, Pansus LKPJ Dprd TTS Minta Dukcapil Berbenah



TTS-INDIKATOR.MY.ID, Banyaknya pengaduan tentang pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan membuat tim pansus LPKJ dprd kabupaten Timor tengah selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur selasa(20/4/2021) berkunjung ke Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil.

Dalam kunjungan ini, Tim pansus meminta agar dinas kependudukan dan pencatatan sipil berbenah dan memperbaiki kinerja dan pelayanan agar lebih baik lagi,

“Karena banyaknya pengaduan yang masuk ke kami maka tim pansus hari ini berkunjung ke dukcapil guna mengklarifikasi kondisi dan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat. Kita harap Pak Plt Kadis bisa segera memperbaiki kondisi ini bila perlu jika ada tenaga-tenaga di setiap bidang yang kinerjanya buruk diusulkan agar diganti dengan asn yang profesional dan mau melayani masyarakat” Kata Marten Tualaka

Selain itu Uksam Selan pada kesempatan tersebut mengatakan agar kalau bisa pelayanan Dukcapil dilakukan 24 jam,

“saya sudah pernah mengusulkan agar kalau bisa dukcapil bisa menambah tenaga operator dan volume pelayanan ditambah menjadi 24 jam dengan pembagian shif bagi setiap asn dan tenaga yang bekerja tentunya dengan penambahan anggarannya” Ucap Uksam

Sementara Hendrikus Babys pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa gedung pelayanan publik harusnya bisa memberi rasa nyaman bagi masyarakat sehingga diharapkan pemerintah daerah dapat melihat ini sebagai skala prioritas demi kepentingan masyarakat,

“Kita harap pak PLT Kadis bisa mengusulkan kepada pemerintah daerah agar Dukcapil bisa dapat gedung yang baru dan lebih layak serta mampu untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat yang mengurus semua data kependudukan.” Harap Hendrikus 

Sedangkan PLT Kadis Dukcapil Apner Tahun pada kesempatan itu mengatakan,

 “Kami menghargai setiap penyampaian yang disampaikan bapak-bapak dewan tapi perlu juga diketahui bahwa pada tahun kemarin kami telah sukses melayani 65 desa dan kendala dalam kepengurusan hal ini ada di masyarakat yang dokumennya tidak lengkap sehingga menimbulkan kendala-kendala tertentu” Kata Apner

Terkait Gedung Pelayanan, Apner  mengatakan bahwa telah pernah diusulkan ke pemerintah namun terkesan pemerintah menganggap ini hal yang biasa,

“Kita sudah pernah usulkan ke pemerintah untuk pembangunan gedung yang baru bahkan perencanaan gedungnya sudah kita ajukan tapi sampai saat ini belum ada respon dari pemerintah daerah” Pungkas Apner 

Apner juga menambahkan jika mulai hari ini paskah badai seroja pelayanan semua bentuk dokumen kependudukan sudah mulai dilayani. (TIM)